Iklan Bawah Navigasi

Artificial Intelligence: Pengertian, Algoritma, sejarah, cara kerja dan contohnya | Tekno Tips

Nah untuk pembahasan kali ini akan dipaparkan tentang Artificial Intelligence, sebenarnya komponen-komponen artificial intelligent ai jika kita pecah akan banyak sekali komponennya, seperti : data set, narrow ai, learning reasoning, computer vision, dll. selain itu setau saya sekarang AI sudah masuk didalam matkul di fakultas Ilmu komputer, karena teknologi ini akan sangat membantu dimasa mendatang.

Artificial Intelligence: Pengertian, Algoritma, Sejarah, Cara Kerja dan Contohnya

Artificial Intelligence Pengertian, Algoritma, Sejarah, Cara Kerja dan Contohnya


Banyak orang-orang mempertanyakan Apa yang dimaksud Artificial Intelligent? atau apa tujuan menggunakan artificial intelligent? dan bagaimana cara menggunakan artificial intelligent atau AI? 

Memang saat ini Artificial Intelligence atau AI adalah salah satu teknologi yang sangat populer. AI biasanya digunakan untuk machines learning, deep learning, neural network, ai researches, dan lain-lain. Bisa terlihat bahwa berbagai bidang industri telah menggunakan teknologi ini, dari mulai keuangan, kesehatan, dan sebagainya. Nah untuk anda yang belum paham mengenai Artificial Intelligance, berikut ulasan selengkapnya. 


Mengenal Apa Itu Artificial Intellegence

Pengertian artificial intelligence atau yang disebut juga dengan kecerdasan buatan merupakan sistem komputer yang dapat melakukan pekerjaan yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia. Tentunya teknologi ini bisa membuat keputusan dengan menganalisis serta menggunakan data yang ada di dalam sistem. Nah, proses yang terjadi pada AI mencakup reasoning, self correction, dan learning. Proses ini mirip seperti manusia yang melakukan analisis terlebih dahulu sebelum memberikan keputusan. Perkembangan dari AI saat ini sudah sangat pesat, walaupun fisik ilmiah sering menggambarkan AI sebagai robot yang memiliki karakteristik seperti manusia. 

AI sebenarnya bisa mencakup apa saja, dari mulai algoritma kecerdasan buatan di pencarian Google, hingga senjata otonom. Nah, dalam sejarah artificial intelligence pun mengkategorikan AI menjadi dua bagian yaitu strong AI dan weak AI. Strong AI merupakan sistem AI yang memiliki kemampuan kognitif seperti manusia secara umum. Saat disajikan dengan pekerjaan yang tidak dikenal, maka sistem strong AI akan bisa menemukan solusi tanpa harus campur tangan manusia. Sedangkan weak AI merupakan sistem AI yang dirancang serta dilatih untuk mengeksekusi pekerjaan tertentu.

Cara Artificial Intelligence Bekerja

Nah, setelah anda mengetahui definisi Artificial Intelligence, maka saatnya anda mengetahui bagaimana cara kerja dari AI. Tentunya AI bekerja dengan menggabungkan sejumlah besar data yang dilakukan secara cepat, berulang, yang akan memungkinkan perangkat lunak belajar secara otomatis dari fitur atau pola dalam data. Selain itu, AI juga dapat dikatakan sebagai sebuah bidang studi yang begitu luas. Cakupan metode, teknologi, teori, hingga subbidang yang terdapat pada AI begitu banyak yang meliputi jaringan neural, komputasi kognitif, pembelajaran mesin, visi komputer dengan pemrosesan bahasa secara ilmiah. Kini AI sudah diterapkan di berbagai bidang, salah satu bidang yang menerapkan AI adalah bidang pendidikan. Nah, dalam bidang ini peran AI adalah menyampaikan adanya berbagai informasi hingga membantu untuk membuat proses belajar semakin efektif. 

Contoh penerapan Artificial Intelligence

Salah satu contoh penerapan Artificial Intelligent ada di filter email pada Gmail. Tentunya Google menggunakan teknologi AI agar dapat mengorganisir email yang masuk pada akun Gmail yang anda miliki. Sistem AI bisa menganalisis email yang diterima serta mengelolanya ke dalam beberapa jenis, seperti social, promotions, primary, spam dan updates. Sehingga sistem filter tersebut sangat mempermudah pengguna untuk bisa menemukan email penting secara cepat. Google juga mengungkapkan bahwa filter berbasis AI tersebut bisa menghindari lebih dari 99% spam yang masuk ke inbox anda.  Selain itu, terdapat beberapa contoh penerapan Artificial Intelligent lainnya yang perlu anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut. 

- Penggunaan AI di media sosial

Tentunya AI bisa memudahkan pengguna media sosial untuk mencari serta berkomunikasi kepada rekannya, salah satu contoh penerapan AI yang ada di media sosial adalah Facebook. Nah, media sosial yang satu ini tentunya banyak menggunakan teknologi AI, dan salah satunya teknologi AI yang dimanfaatkan adalah untuk mengenali wajah. Teknologi yang digunakan oleh Facebook adalah DeepFace. Dengan teknologi ini, maka pengguna tidak perlu melakukannya secara manual untuk menandai foto. Bagaimana, dengan adanya artificial intelligence ini, pastinya akan membuat anda semakin paham jika contoh penerapan Artificial Intelligence sangat banyak, kan! Namun tenang, masih banyak kok contoh lainnya yang perlu anda ketahui. Yuk simak beberapa contoh lainnya di bawah ini.

- Prediksi pencarian Google

Saat anda mulai mengetik pada kolom search, maka Google bisa memberikan rekomendasi pencarian untuk dipilih. Hal ini merupakan salah satu sistem kecerdasan buatan yang digunakan oleh Google. Tentunya prediksi pencarian yang dihasilkan adalah hasil analisis yang telah dikumpulkan Google, seperti usia, lokasi, hingga detail pribadi lainnya. Ketika menggunakan AI, maka mesin pencarian akan mencoba untuk menebak informasi yang sedang anda ingin temukan.

- Penggunaan AI di Chatbots

Contoh kecerdasan buatan berikutnya adalah chatbot. Nah, chatbot yang menggunakan teknologi AI adalah Natural Language Processing atau NLP yang dapat menganalisis, memahami, hingga merespons pertanyaan para konsumen dengan tepat dan cepat. Saat ini chatbot dengan NLP juga bisa “belajar” dari percakapan sebelumnya, dengan begitu dapat meningkatkan kemampuannya untuk merespons serta memberikan solusi. Nah, pertanyaan yang sering diajukan konsumen seperti menerima pesanan, menjadwalkan janji, menjawab pertanyaan tagihan, dan sebagainya. 

Manfaat Artificial Intelligence Bagi Kehidupan manusia

Tahukah anda bahwa AI bersifat kompleks. Teknologi jaringan berbasis luas ini menggunakan campuran yang begitu rumit dari ilmu matematika, komputer, dan ilmu kompleks lainnya. Dengan pemrograman yang kompleks ini akan membantu mesin-mesin AI untuk mereplikasi kemampuan kognitif manusia. Semakin kencangnya arus pekerjaan dan kecanggihan teknologi saat ini, tentunya manusia akan membutuhkan bantuan tambahan, yaitu dengan menggunakan AI selain menggunakan bantuan dari sesama manusia. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini merupakan beberapa manfaat yang ditawarkan oleh AI bagi kehidupan manusia.

- Mengurangi kesalahan

Teknologi AI akan membantu dalam mengurangi kesalahan. Hal ini pun diterapkan di berbagai penelitian, salah satunya eksplorasi ruang angkasa. Teknologi AI atau ai technologies diberi informasi, lalu dikirim agar dapat menjelajahi ruang angkasa. Nah, dikarenakan mereka adalah mesin dengan tubuh logam, pastinya mereka akan lebih tahan serta memiliki kemampuan terbaik yang lebih besar agar bisa bertahan di dalam ruang maupun di atmosfer yang tidak bersahabat. 

- Aplikasi medis

Tahukah anda bahwa di bidang medis pun anda bisa menemukan aplikasi AI ini. Dokter sendiri akan menilai pasien hingga risiko kesehatannya dengan menggunakan bantuan teknologi canggih masa depan, yaitu AI. Dengan begitu, hal ini akan memberikan mereka informasi mengenai efek samping dari berbagai macam obat. Nah, aplikasi populer AI yaitu radiosurgery. Tentunya radiosurgery dimanfaatkan untuk operasi tumor, bahkan dapat membantu operasi tanpa harus merusak jaringan yang ada di sekitarnya. 

- Sebagai aplikasi harian

AI juga bermanfaat sebagai aplikasi yang membantu anda setiap hari. Misalnya saja seperti Apple yang memiliki Cortana atau Siri untuk membantu para penggunanya. Dan pastinya orang-orang juga akan mendapatkan bantuan sehari-hari dengan adanya AI, salah satunya adalah dengan memanfaatkan bantuan dari GPS. Saat ini perangkat lunak smartphone adalah contoh paling tepat bagaimana orang menggunakan AI setiap harinya.

Bagaimana, sudah tahu kan penjelasan mengenai AI technologies. Semoga berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas mengenai artikel Artificial Intelligence bisa bermanfaat!, di lain waktu kita akan membahas secara rinci tentang deep learning, machines learning, kecerdasan buatan, neural network, dan ai researches.  dan juga akan kita kupas apa itu natural language processing,data set, narrow ai, learning reasoning, computer vision dan artikel tentang pembelajaran mesin (machine learning)



Belum ada Komentar untuk "Artificial Intelligence: Pengertian, Algoritma, sejarah, cara kerja dan contohnya | Tekno Tips"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel