Iklan Bawah Navigasi

Deep Learning, apakah itu? Pengertian, Jenis dan Fitur Deep Learning | Tekno Tips

Deep Learning, apakah itu? Pengertian, Jenis dan Fitur Deep Learning
Deep Learning, apakah itu Pengertian, Jenis dan Fitur Deep Learning

Selain membahas tentang informasi seputar Android dan website, kami juga akan memberikan informasi tentang teknologi yang berhubungan dengan AI atau Artificial Intelegent. Atau biasa disebut kecerdasan buatan. Kali ini yang akan kami bahas adalah deep learning yang masih menjadi bagian kecerdasan buatan. 

Sebelum masuk ke informasi tentang deep learning, mari ulas sedikit tentang pengertian kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan oleh manusia atau peneliti ke dalam sebuah system, yang kemudian diatur dan dikembangkan ke dalam konteks ilmiah. 

Baca Juga : Artificial Intelligent, Pengertian, sejarah dan Algoritma

Sedangkan deep learning adalah suatu metode pembelajaran yang merupakan bagian dari kecerdasan buatan. Cara kerja deep learning ini adalah menggunakan pembelajaran mesin yang menggunakan artificial neural networks (ANN). 

Artificial neural networks atau ANN adalah bagian yang paling penting dari deep learning. Cara kerja ANN ini sama dengan cara kerja otak kita. Di dalam jaringan ANN, mesin menerima informasi di titik-titik tertentu yang biasa disebut dengan nodes yang kemudian diteruskan dan di proses ke layer selanjutnya atau biasa disebut hidden layers. 

Deep learning berbeda dengan teknik pembelajaran mesin yang sederhana, yang membedakan adalah deep learning bisa melakukan representasi data secara otomatis seperti gambar, video, dan text. Deep learning juga menjadi kunci dalam kendaraan yang menggerakkan kemudinya dengan otomatis. Teknologi ini bisa mengenali tanda-tanda berhenti dan membedakan antara manusia dengan tiang listrik. Selain itu, teknologi ini juga digunakan dalam pengenalan suara pada HP, tab, televise, speaker, dan lain-lain. 

Ada 3 jenis deep learning, yaitu:

a. DNN atau Deep Neural Network

Deep learning jenis ini adalah struktur algoritma yang memiliki banyak lapisan dengan model sirkuit saraf kranial manusia dan hewan yang dibuat untuk mengenali pola.

b. CNN atau Convolutional Neural Network

Deep learning jenis ini adalah sebuah algoritma yang menggunakan neural network tipe propagasi maju. Dengan DNN yang disesuaikan dengan data 2 dimensi, algoritma ini menunjukkan pengenalan gambar.

c. RNN atau Recurrent Neural Network

Deep learning jenis ini adalah algoritma yang menggunakan neural network dua arah yang disebarkan dengan struktur rekursif di lapisan tengah agar dapat menangani variabel data panjang. 

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan dengan deep learning:

a. Pengenalan gambar 

Teknologi ini digunakan untuk mengenali dan mendeteksi huruf dan wajah dengan memasukkan gambar dan video. 

Teknologi ini dapat mengidentifikasi dan mengenali fitur target, melakukan pencocokan dan konversi, serta memisahkan dan mengekstrak fitur dari latar belakang.

b. Pengenalan suara

Teknologi ini digunakan untuk mengenali suara. Cara kerjanya adalah dapat mengenali suara manusia dan mengeluarkannya dalam bentuk teks. Serta dapat mengidentifikasi suara orang yang berbicara berdasarkan karakteristik suaranya.

c. Pemrosesan bahasa alami

Teknologi ini digunakan dimana komputer dapat memahami bahasa alami yang digunakan oleh manusia dan kemudian memprosesnya. 

d. Deteksi kelainan 

Teknologi ini dapat merasakan tanda-tanda kelainan yang dimiliki seseorang berdasarkan data deret waktu dari sensor yang dipasang pada alat industry.

Masa depan dari deep learning adalah teknologi ini dapat memproses data-data yang rumit yang tidak dapat diproses oleh mesin biasa. Dan teknologi ini diharapkan dapat mempermudah pekerjaan karena teknologi ini dapat menggantikan pekerjaan yang dilakukan manusia sehari-hari.

Selain itu, teknologi ini harus dibuat untuk bisa digunakan oleh semua orang, namun tergantung bagaimana data yang digunakan, pengalaman baru akan dikembangkan di semua bidang dan teknologi yang akan mengubah manusia itu sendiri. 

Deep learning juga diharapkan akan digunakan dalam bidang yang lebih banyak di masa yang akan mendatang. Saat ini, kita berada di dunia cloud computing. Dengan berkembangnya teknologi deep learning, bisa saja device ini akan terkelompokkan secara otomatis tanpa harus diupload ke cloud dan cukup dengan edge. Sehingga cloud computing berubah menjadi edge computing. 

Nah, diatas adalah pembahasan tentang deep learning. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan kalian. ^^

 


Belum ada Komentar untuk "Deep Learning, apakah itu? Pengertian, Jenis dan Fitur Deep Learning | Tekno Tips"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel